Jumat

Cara mengganti windows 8 dengan windows xp di laptop asus x45u.


Kenapa harus mengganti windows 8 ke windows xp? karena mungkin beberapa orang lebih terbiasa bekerja dengan windows xp dan tidak mau bersusah-susah belajar winows 8 yang tampilanya berbeda jauh dengan windows xp. Seperti teman saya ini yang baru saja membeli laptop asus x45u yang sudah terinstal windows 8 meminta bantuan kepada saya untuk menggantinya dengan windows xp karena ia tidak bisa menggunakan windows 8.

Sebelum ke tema kita yaitu mengganti windows 8 dengan windows xp, Perlu di perhatikan jika anda ingin menginstal windows sebaiknya backup terlebih dahulu data penting anda menggunakan flash disk atau dvd rw untuk mengantisipasi kehilangan data, kecuali jika laptop anda belum memiliki data penting. 

Jika anda menginstal windows xp pada laptop yang sudah ada windows 8nya, kemungkinan akan terjadi blue screen, kenapa itu bisa terjadi? jika menurut analisa saya pribadi kemungkinan windows xp tidak bisa mengenali hardware versi baru pada laptop tersebut, dan yang menjadi tersangka pada kasus ini adalah harddisk SATA.

Nah untuk mengatasi masalah ini yang saya lakukan adalah mengubah setingan AHCI menjadi IDE pada BIOS, caranya masuk pada seting bios kemudian cari pengaturan harddisk lalu ganti setingan dari AHCI ke IDE, dan jangan lupa sekalian periksa apakah laptop sudah di seting untuk booting dari cd apa belum, jika belum ganti setingan agar boot dari cd / dvd, lalu masukkan cd instaler windows xp ke dvdrom, setelah itu untuk menyimpan setingan tekan F10 lalu yes.

Setelah itu laptop akan restart kemudian akan memulai penginstalan, ikuti saja beberapa perintahnya pada saat proses penginstalan dan tunggu sampai selesai. Waktu lama penginstalan kurang lebih 45 menit. Nah itu tadi adalah yang saya lakukan bagaimana saya mengganti windows 8 dengan windows xp pada laptop asus x45u. Semoga bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman