Sabtu

Pengertian RAM Pada Handphone Smartphone Atau Tablet


Pengertian RAM Pada Handphone Smartphone Atau Tablet

Pengertian RAM Pada Handphone Smartphone Atau Tablet - Mungkin Anda sering mendengar ataupun membaca di tabloid ataupun di internet tentang istilah RAM. Biasanya pada spesifikasi sebuah komputer laptop smartphone atau tablet terdapat keterangan misalnya RAM 1 GB. Nah apa sebenernya maksud dari RAM tersebut?

Secara umum pengertian RAM ( Random Access Memory ) adalah sebuah perangkat keras pada komputer yang fungsinya menyimpan data sementara. RAM bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data data penting yang di butuhkan oleh prosesor secara cepat dan di proses menjadi informasi.

Sebagai contoh ketika anda membuka sebuah aplikasi misalnya browser firefox pada smartphone anda, maka prosesor akan membuka aplikasi tersebut dari tempat penyimpanan memory internal dan kemudian meload ke RAM. Seperti itulah kira kira pemahaman secara sederhana fungsi RAM pada handphone. Atau bisa di katakan RAM adalah memory untuk menempatkan aplikasi yang sedang di jalankan.

Kenapa aplikasi yang sedang di jalankan harus di tempatkan pada RAM? karena agar bisa di proses dengan cepat oleh prosesor. prosesor memiliki kemampuan memproses data dengan cepat, dan biasanya tempat penyimpanan memori internal dalam menyuplai data tidak bisa mengimbangi kecepatan prosesor, maka dari itu diperlukanlah sebuah memory RAM sebagai perantara.

Seperti itulah kira kira penjelasan mengenai pengertian RAM pada hp, handphone, smartphone atau tablet menurut pemahaman saya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian prosesor pada handphone (HP) tablet atau smartphone

Total Tayangan Halaman